Hubungan Antara Manajemen dan Organisasi [beserta contoh]

Hubungan Antara Manajemen dan Organisasi Beserta Contoh Penjelasan

Definisi Manajemen

Dari artikel “Management: Science, Theory, and Practice” oleh Heinz Weihrich, manajemen merupakan suatu proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu bekerjasama dalam kelompok guna mencapai tujuan secara efisien.
Sementara mengutip dari G.R Terry, manajemen didefinisikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas tindakan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian yang dilaksanakan untuk menentukan dan mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya ekonomi lainnya.

 

Hubungan Antara Manajemen dan Organisasi

Jadi hubungan antara manajemen dan organisasi terjadi hubungan timbal balik yang baik karena keduanya saling memerlukan, dengan adanya keduanya maka akan terjadi kerja sama yang dibangun lebih efektif dalam mencapai tujuan organisasi. Manajemen dibutuhkan untuk mempermudah dalam mencapai efisiensi dan menyeimbangkan kegiatan yang ada di organisasi.

 

Contoh Hubungan Manajemen dan Organisasi

Contohnya Koperasi, seperti yang kita ketahui koperasi adalah lembaga yang di operasikan dengan kepengurusan dan keanggotaan organisasi yang jelas dan barang atau jasa yang disediakan juga untuk memenuhi kebutuhan anggotanya. Hal ini dapat berjalan karena adanya Kepengurusan atau Kepemimpinan, Perencanaan, Penataan dan Pengawasan. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan dalam Organisasi dalam hal ini koperasi dapat berjalan dengan baik karena adanya manajemen yang baik pula.

 

Referensi:

Robbins, S.P., & Coulter, M.K.. (2011). Management, Global Edition. 11th Edition. PE. New Jersey, USA. ISBN: 9780273752776. chapter 8 dan 9